Whatsapp
INA
ENG
4 Tips Meningkatkan Penjualan Online

4 Tips Meningkatkan Penjualan Online

10 Feb 2023
4 Tips Meningkatkan Penjualan Online

4 Tips Meningkatkan Penjualan Online 10 Feb 2023

Tentunya Anda akan merasa sangat bangga ketika sudah berhasil memiliki Bisnis Online! Apalagi, itu artinya juga Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan penghasilan tidak terbatas dari bisnis Anda.


Tapi… mengingat adanya ratusan bahkan ribuan bisnis serupa yang mungkin juga menjual produk yang sama dengan Anda, terkadang hanya mengandalkan kualitas produk semata tidaklah cukup. Mengingat persaingan yang begitu ketat, tidak jarang para pemilik Bisnis Online mengalami masa dimana penjualannya mandek atau bahkan menurun.


Nah… inilah saatnya kita coba meihat beberapa tips praktis yang bisa kita coba untuk meningkatkan penjualan Bisnis Online kita!




1. Fokus Pada Satu Jenis Produk Saja

Pastinya cukup umum untuk menjual berbagai jenis produk secara bersamaan di Toko / Bisnis Online, dan sebenarnya hal tersebut sah – sah saja.


Tapi faktanya, terkadang menjual puluhan atau ratusan jenis produk, justru bisa saja tidak terlalu efektif. Tentunya karena kadang bisa saja terlalu banyaknya pilihan produk bisa mengalihkan fokus pengunjung pada produk utama yang ingin mereka beli, dan di kasus terburuk, bisa saja justru itu menghilangkan niat para pengunjung untuk membeli produk Anda.


Nah… ketika Anda hanya berfokus pada satu jenis produk saja (misalnya Sepatu), hal ini dapat memberikan kesan “”Premium” pada kualitas produk yang Anda jual, sehingga meningkatkan minat pengunjung Toko Online Anda untuk membelinya.


Kesimpulannya, daripada memiliki satu Toko Online yang menjual berbagai jenis produk, Anda bisa mencoba mengkategorikan produk berdasarkan jenisnya masing – masing, lalu membuat satu toko online untuk satu jenis produk.




2. Meminimalisir Ajakan “Beli Sekarang!”

Pernahkah Anda melihat website “Spam”? Dimana di dalam website tersebut, ada banyak sekali tombol ataupun elemen tersembunyi, dengan tulisan ajakan seperti “BELI SEKARANG!!”?


Nah… mulai sekarang cobalah hindari atau minimal meminimalisir tulisan tersebut yah


Walaupun betul tujuan utama kita adalah mengajak pengunjung untuk membeli produk kita, faktanya adalah hal pertama yang akan dicari pengunjung adalah “INFORMASI’ mengenai produk yang ingin mereka beli. Jadi bisa kita bayangkan jika di setiap sisi website atau Toko Online Anda dipenuhi tulisan “BELI SEKARANG!”


Wahhh… tentu saja pengunjung akan mendapatkan kesan “dipaksa” dan bisa jadi mereka menganggap Toko Online Anda kurang bisa dipercaya.


Jadi… daripada memenuhi website Anda dengan tombol ataupun tulisan ajakan seperti itu, coba lebih fokuskan pada penyediaan informasi yang menarik, yang bisa meningkatkan minat pengunjung untuk membeli produk Anda. Tentu saja hal ini tidak bisa menjadi jaminan bahwa produk Anda akan laris, tetapi satu hal yang bisa dipastikan adalah pengunjung Anda akan mendapatkan kesan “nyaman” dengan Bisnis Online Anda, dan dijamin pada akhirnya beberapa dari mereka akan menjadi pelanggan setia Anda!




3. Memperbaiki Kualitas dan Presentasi Foto Produk

Salah satu kelemahan dalam Bisnis Online adalah para pengunjung Anda tidak akan pernah bisa melihat bentuk produk real nya secara langsung. Ini artinya, foto produk adalah satu – satunya aspek visual yang bisa mereka pertimbangkan dalam memutuskan apakah mereka akan membeli produk tersebut atau tidak.


Selalu pastikan Anda menyajikan foto produk dengan kualitas yang baik. Tidak ada bagian yang blur, tidak terpotong (atau paling tidak jika memang harus terpotong, terpotong di bagian yang sesuai), dan pastinya proporsional (tidak tertarik / stretch). Presentasi foto produk yang menarik (misalnya menyertakan background unik, penggunaan model orang, ataupun dipadu padankan dengan elemen warna serta font yang menarik) juga sangat krusia agar pengunjung mendapatkan kesan yang baik mengenai produk yang Anda jual, dan pada akhirnya meningkatkan minat mereka untuk membeli produk tersebut.


Jadi.. ini saatnya untuk menghubungi tim Desain Grafis dan Fotografer kepercayaan Anda!




4. Berikan Promo Yang Bersifat “Terbatas”

Tentunya semua orang suka diskon bukan??


Jadi, ini saatnya berikan para pengunjung Anda diskon ataupun promo yang menarik!


Nah… satu hal yang cukup jitu adalah memberikan promo yang bersifat “terbatas”. Entah memiliki batasan waktu, ataupun batasan jumlah pembeli. Karena hal ini sangat efektif untuk memberikan kesan “urgensi” dan “kelangkaan” di dalam pikiran para pengunjung Anda, yang akan meningkatkan minat mereka untuk membeli produk tersebut. Selalu ingat bahwa seringkali, pelanggan membeli produk bukan berdasarkan alasan kebutuhan ataupun pikiran mereka, tetapi lebih kepada suasana hati dan emosi mereka saat itu.


Satu hal yang pasti, jika Anda memiliki website Toko Online Anda sendiri, pembuatan fitur promo ini biasanya akan bersifat cukup teknis. Sehingga, ada baiknya Anda coba mendiskusikannya terlebih dahulu dengan Jasa Desain & Pengembangan Website rekanan Anda untuk mendapatkan solusi yang terbaik!



Nah… itu dia 4 tips praktis yang bisa langsung Anda coba untuk meningkatkan penjualan online Anda.


Selalu ingat bahwa mungkin bisa saja yang satu lebih efektif dibandingkan yang lainnya, karena kembali lagi bahwa setiap bisnis adalah unik.


Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba, mengevaluasi, lalu memperbaikinya seiring jalan dan keadaan.


Selamat mencoba! 😊

 

10 Feb 2023

Artikel Lainnya